HUMAS
Website resmi SMA Negeri 1 Purbalingga sedang dalam perbaikan, perubahan dan pengembangan yang lebih baik. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Untuk saran dan kritik dapat melalui email ganesha@sma1purbalingga.sch.id
         SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PURBALINGGA atau yang sering disebut SMANSA GANESHA kembali meraih prestasi dalam bidang AKADEMIK. Siswa yang memiliki nama lengkap ACHMAD MUNIF PRASOJO telah berhasil meraih Mendali Perunggu OSN Komputer di Tingkat Nasional. ACHMAD MUNIF PRASOJO yang akrab dipanggil SOJO sekarang di kelas XII IPA 1. Motivasi Sojo untuk para siswa Smansa Ganesha, yaitu "Selama Niat, Selama Suka, Masalah Bukan lah Menjadi Masalah." Sojo lahir pada tanggal 6 November 1997, Ia anak pertama dari 3 bersaudara, adik pertamanya yang bernama Fais sekarang di SMP, dan adik keduanya yang bernama Hasna sekarang di SD. Sojo sangat menyukai Teknologi Informasi dan Komunikasi sejak SMP, Ia mulai belajar sendiri tentang komputer saat Ia di kelas 3 SMP.                                                      
         Setelah lulus dari SMP Sojo memilih melanjutkan bersekolah di SMA NEGERI 1 PURBALINGGA, dengan alasan SMA NEGERI 1 PURBALINGGA merupakan sekolah Favorit di Kabupaten Purbalingga, selain itu juga dekat dengan rumahnya yang beralamat di Desa Sokawera Kecamatan Padamara. Setelah bersekolah di SMA Sojo terus belajar tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan para alumni SMA Negeri 1 Purbalingga. Kedua Orang tuanya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Sojo. Sojo mempunyai cita-cita menjadi programmer. Rencananya setelah lulus dari SMA, Ia ingin melanjutkan ke perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung atau Universitas Gadjah Mada. Sojo dipilih untuk mengikuti lomba OSN Komputer di Tingkat Nasional atas nama sekolah, Ia berangkat pada tanggal 3 Agustus 2014 ke Salatiga untuk mendapat bimbingan di YAYASAN BINA DHARMA. Ia mendapatkan bimbingan belajar mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 11.00 atau 12.00 malam. Karena motivasi Ia untuk mendapatkan prestasi, yaitu agar bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah agar dapat meringankan beban orang tuanya, sehingga Ia tidak mudah menyerah untuk mendapatkan apa yang Ia inginkan, serta tetap semangat dalam melakukan kegitan - kegiatan sekolahnya. Sojo mendapatkan bimbingan belajar selama 1 bulan lamanya. Pada tanggal 29 Agustus 2014 ke Semarang dan pada tanggal 1 September 2014 Sojo mengikuti Lomba OSN Komputer Tingkat Nasional di Mataram, NUSA TENGGARA BARAT.
         Saat Lomba OSN Komputer Tingkat Nasional yang dinilai, yaitu membuat program yang sama dengan apa yang diinginkan oleh server. Apabila program yang dibuat benar atau sama dengan yang diinginkan oleh server maka nilainya akan naik, dan jika program yang telah dibuat salah maka tidak mendapatkan nilai, tetapi jika program yang telah dibuat melewati batas waktu yang telah ditentukan nilainya akan dikurangi, dan juga jika program melebihi batas memori maka tidak mendapatkan nilai. Penilaian pada Lomba OSN Komputer di Tingkat Nasional sangat ketat. Namun berkat kerja kerasnya selama itu, Ia berhasil mengalahkan saingannya dengan mendapatkan Mendali Perunggu. Saat mendengar berita tersebut para guru dan para siswa di Smansa Ganesha merasa sangat senang dan bangga kepada Sojo. Orang tuanya pun juga merasa senang dan bangga memiliki anak yang berprestasi. Untuk menghargai kerja keras yang telah dilakukan oleh Sojo, Smansa Ganesha memberikan penghargaan baik moral maupun material kepadanya. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadikan motivasi untuk dapat lebih bersemangat dalam meraih prestasi - prestasi di sekolah.

© 2014 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purbalingga.