HUMAS
Website resmi SMA Negeri 1 Purbalingga sedang dalam perbaikan, perubahan dan pengembangan yang lebih baik. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Untuk saran dan kritik dapat melalui email ganesha@sma1purbalingga.sch.id
SMA NEGERI 1 PURBALINGGA kembali meraih kejuaraan. Namun kali ini di bidang nonakademik, siswa SMA NEGERI 1 PURBALINGGA berhasil meraih gelar sebagai kakang mbekayu duta wisata purbalingga 2014, mereka adalah WAHYU TRI ANGGONO sebagai KAKANG PURBALINGGA dan KHARISMA FATMA AFRIDINA sebagai MBEKAYU PURBALINGGA. Selain itu juga ada Fajar Sagita Oendiarto mendapatkan juara ke 3 dan Karunia Pramanti Putri meraih juara harapan 2. Mereka yang dikirmkan ke ajang Kakang Mbekayu ini adalah para juara I, 2 dan 3 Putra Putri Pelajar ( PAPPIJAR ) SMA NEGERI 1 PURBALINGGA 2013. Sebelum kejuaraan kakang mbekayu Purbalingga dilaksanakan mereka sudah mengikuti duta wisata pelajar tempatnya di gombong mewakili purbalingga sebagai kategori SMA. Disana mereka  dapat pelajaran dan di karantina. Pelajaran yang mereka peroleh antara lain tentang kepariwisataan, pendidikan karakter, wawasan nusantara, pengetahuan umum dan pemerintahan. Namun, saat mendapat karantina di Gombong, mereka belum diberitahu tentang ajang Kakang mbekayu dan baru diberitahu ketika seminggu sebelum perlombaan dimulai. Tetapi mereka tidak terlalu panik diberitahu mendadak karena mereka  sudah mendapat banyak materi hanya tinggal dibaca dan dipahami juga mencari materi tambahan  terutama untuk wisata purbalingga. Sebagai materi tambahan kita mempelajari tentang adi busono karena saat duta wisata pelajar  tidak memakai beskap dan kebaya.
Sebelum acara puncak Kakang Mbekayu,dilakukan beberapa tes dan karantina. Tesnya antara lain tes tertulis, tes wawancara namun tidak ada tes bakat. Sebelumnya ada technical meeting, yang dilakukan yaitu pengukuran tinggi badan, berat badan, dan menjelaskan bagaimana perlombaan akan berlangsung. Tes tertulis materi tentang wisata, pengetahuan umum, kebudayaan Purbalingga, Jawa tengah dan pemerintahan. Dalam tes wawancara terdapat 3 juri, penilai adi busono, pemerintahan, kebudayaan juga bahasa inggris. Lalu hari berikutnya diadakan gladi bersih tentang cara jalan dan cara masuk. Hal itu juga masuk ke dalam aspek penilaian. Jadi setiap waktu mereka berusaha untuk menampilkan yang terbaik karena terdapat penilaian yang tertutup. Jadi penilaian dilakukan sejak technical meeting. Saat puncak acara kakang mbekayu, yang pertama dilaksanakan yaitu parade busana lalu dilihat cara jalan, cara berbusana, dan kerapian serta kelengkapan. Penilaian  pertama puncak acara yaitu cara memperkenalkan diri dan cara memegang microphone. Lalu setelah itu diambil 12 besar kemudian diberi pertanyaan. Dalam menjawab peserta kakang mbekayu diharuskan menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa asing.
Nantinya juara kakang mbekayu ini akan mewakili kabupaten Purbalingga dalam acara serupa yang disebut "Mas dan Mba ". Ajang ini akan diselenggarakan pada 18-22 November. Dalam ajang ini diadakan tes bakat yang dilakukan di mall atau pusat perbelanjaan. Setelah itu para peserta Mas dan Mba akan diarak. Dalam hal ini penilaian tidak hanya dilakukan oleh juri, tetapi juga oleh masyarakat.
Semoga perwakilan dari SMA NEGERI 1 PURBALINGGA dapat meraih gelar juara dan dapat mengharumkan nama Purbalingga.
© 2014 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purbalingga.